Rabu, 13 Juni 2012

ADMINISTRASI GURU PAI

PROGRAM TAHUNAN



 
SEKOLAH                                    : SD Negeri Samirono
KELAS                                          : IV
SEMESTER                                   : 1 (Ganjil)


Standar Kompetensi
                                        Kompetensi Dasar                     
Alokasi waktu
Al Qur’an

1.  Membaca surat-surat Al Qur’an
1.1 Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
12 x35 menit
Aqidah

2.  Mengenal sifat jaiz   Allah SWT
2.1  Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2  Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
5x35 menit
Tarikh

3. Menceritakan kisah Nabi
3.1  Menceritakan kisah Nabi Adam AS
3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
3x35 menit
Akhlak

4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
6x35 menit
Fiqih

5.  Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
5.1 Menyebutkan rukun shalat
5.2 Menyebutkan sunnat shalat
5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
12x35 menit




SEMESTER   : 2 (genap)

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Al Qur’an

6.  Membaca surat-surat Al Qur’an
6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar
18 x 35 menit
Aqidah

7.  Mengenal Malaikat dan tugasnya
7.1  Menjelaskan pengertian Malaikat
7.2  Menyebutkan nama-nama Malaikat
7.3  Menyebutkan tugas-tugas Malaikat
9 x 35 menit
Tarikh

8.  Menceritakan kisah Nabi
8.1  Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
8.2  Menceritakan kisah Nabi Ismail AS
6 x 35 menit`
Akhlak

9. Membiasakan perilaku terpuji
9.1  Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
9.2  Meneladani Nabi Ismail AS
6 x 35 menit
Fiqih

10.  Melaksanakan dzikir dan do’a
10.1         Melakukan dzikir setelah shalat
10.2         Membaca do’a setelah shalat
12 x 35 menit

            Mengetahui,
         Kepala Sekolah



        ( Sutrino, S.Pd )
  NIP 19560527 197803 1 004

Depok,   12 Juli  2011
Guru Pendidikan Agama Islam



   (   B.  Sabaruddin, S.Pd.I )
NIP 19540105 198202 1 003





SEKOLAH                          : SD Negeri Samirono
KELAS                                : V
SEMESTER                         : 1 (Ganjil)


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Al Qur’an

1. Mengartikan  Al Qur’an surat pendek pilihan
1.1    Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2    Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
12 x 35 menit
Aqidah

2.  Mengenal kitab-kitab Allah SWT
2.1  Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
2.2  Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
2.3  Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
6 x 35 menit
Tarikh

3. Menceritakan kisah Nabi
3.1  Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
3.2  Menceritakan kisah Nabi Musa AS
3.3  Menceritakan kisah Nabi Isa AS
9 x 35 menit
Akhlak

4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1  Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
4.2  Meneladani perilaku Nabi Musa AS
4.3  Meneladani perilaku Nabi Isa AS
6 x 35 menit
Fiqih

5.  Mengumandangkan adzan dan iqamah
5.1  Melafalkan lafal adzan dan iqamah
5.2  Mengumandangkan adzan dan iqamah
6 x 35 menit



 SEMESTER   : 2 (genap)


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Al Qur’an

6. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan
6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil
12 x 35 menit
Aqidah

7. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT
7.1  Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
7.2  Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi  dari para Rasul
7.3  Membedakan Nabi dan Rasul
9 x 35 menit
Tarikh

8.  Menceritakan kisah Sahabat Nabi
8.1  Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA
8.2  Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA
6 x 35 menit
Akhlak

9.  Membiasakan perilaku terpuji
9.1  Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA
9.2  Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA
6 x 35 menit
Fiqih

10. Mengenal puasa wajib
10.1    Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
10.2     Menyebutkan hikmah puasa
6 x 35 menit

                                                                                                                       
            Mengetahui,
         Kepala Sekolah



        ( Sutrino, S.Pd )
  NIP 19560527 197803 1 004           

Depok, 12 Juli  2011
Guru Pendidikan Agama Islam



       (   B.  Sabaruddin, S.Pd.I )
       NIP 19540105 198202 1 003




KELAS                                : VI
SEMESTER                         : 1 (Ganjil)


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Al Qur’an

1. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan
1.1  Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
1.2  Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
18 x 35 menit
Aqidah
2. Meyakini adanya  Hari Akhir
2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
6 x 35 menit
Tarikh

3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kadzab
3.1  Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2  Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab
6 x 35 menit
Akhlak

4. Menghindari perilaku tercela
4.1  Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
4.2  Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab
6 x 35 menit
Fiqih

5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan
5.1  Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
5.2  Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an
9 x 35 menit

                                                                                                                       




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Al Qur’an

6.  MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan
6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
18  x 35 menit
Aqidah

7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar
7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
6  x 35 menit
Tarikh

8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar
8.1  Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
8.2  Menceritakan perjuangan kaum Anshar
6  x 35 menit
Akhlak

9. Membiasakan perilaku terpuji
9.1  Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
9.2  Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
6  x 35 menit
SEMESTER  : 2 (genap

Standar KompetensiKompetensi DasarAlokasi waktuKeterangan
 
Fiqih

10. Mengetahui kewajiban zakat
10.1     Menyebutkan macam-macam zakat
10.2     Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
6 x 35 menit
                                                                                                                       
            Mengetahui,
         Kepala Sekolah



        ( Sutrino, S.Pd )
  NIP 19560527 197803 1 004   


  

ANALISIS PERHITUNGAN KKM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN  

KELAS I    SEMESTER I    TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NO   STANDAR KOMPETENSI,KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR KRITERIA PENETAPAN KETENTUAN KKM

KOMLPEK SITAS DAYA DUKUNG INTAKE SISWA IND KD SK MAPEL

Tg=50-60 Tg=81-100 Tg=81-100

Sd=65-80 Sd=65-80 Sd=65-80

Rn=81-100 Rn=50-64 Rn=50-64

1               70,75 70,9907

    1.  Menghafal Al Quran surat pendek pilihan         70,16667    

    1.1 Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar 65 75 70 70      

    -       Melafalkan Surat Al Fatihah dengan lancar dan benar 65 75 75 71,66667     dibulat-
kan 71

    -       Menyebutkan jumlah ayat Surat Al Fatihah 60 72 75 69      

    -       Menggunakan Surat Al Fatihah dalam Shalat 60 75 75 70      

    1.2 Menghafal QS Al Fatihah dengan lancar              

    -       Menghafalkan Surat Al Fatihah dengan benar dan lancar              

    -       Mendemonstrasikan Surat Al Fatihah         71,3333    

                   

2   Aspek  : Aqidah 60 75 80 71,66667      

    2.  Mengenal Rukun Iman 60 72 80 70,66667      

    2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya 60 80 75 71,66667      

    -        Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui alam semesta              

    -        Membedakan ciptaan Allah SWT dengan ciptaan manusia              

    2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman              

    -        Menyebutkan enam Rukun Iman           71  

    2.3 Menghafal enam Rukun Iman         71,33333    

    -        Menunjukkan hafal enam Rukun Iman 65 78 70 71      

    -        Mendemontrasikan hafalan Rukun Iman 65 75 74 71,33333      

                   

    Aspek  : Akhlak 65 75 75 71,66667      

    3.  Membiasakan perilaku terpuji              

    3.1 Membiasakan perilaku jujur         70,66667    

    -        Menunjukkan contoh perilaku jujur 62 75 75 70,66667      

    -        Membiasakan perilaku jujur 62 75 75 70,66667      

    -        Memberikan contoh perilaku jujur              

    3.2 Membiasakan perilaku tanggung jawab              

    -       Menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab           71,31111  

    -       Membiasakan perilaku tanggung jawab         71,26667    

    3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih 62 75 78 71,66667      

    -       Menunjukkan contoh perilaku hidup bersih 62 70 78 70      

    -        Membedakan yang bersih dengan kotor 62 70 80 70,66667      

    -       Membiasakan perilaku hidup bersih 62 78 75 71,66667      

    -       Memberikan contoh perilaku hidup bersih 62 75 80 72,33333      

    3.4 Membiasakan akan perilaku disiplin              

    -       Menunjukkan contoh perilaku hidup disiplin         71    

    -       Membiasakan perilaku hidup disiplin 60 78 75 71      

                   

    Aspek : fiqih  60 78 75 71      

    4. Mengenal tata cara bersuci (Thaharah) 60 78 75 71      

    4.1 Menyebutkan pengertian bersuci 60 78 75 71      

    -       Menjelaskan pengertian bersuci              

    -       Menyebutkan tata cara bersuci         71,66667    

    -       Menunjukkan alat-alat untuk bersuci 62 75 78 71,6667      

    4.2 Mencontoh tata cara bersuci 62 75 78 71,6667      

    -       Menunjukkan tata cara bersuci yang benar 62 75 78 71,6667      

    -       Mendemontrasikan cara bersuci 62 75 78 71,6667      

    5.  Mengenal Rukun Islam              

    5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam              

    -        Mengucapkan Rukun Islam           71,22222  

    -        Menyebutkan Rukun Islam dengan berurutan         71,11111    

    5.2 Menghafal Rukun Islam 65 75 75 71,66667      

    -        Hafal Rukun Islam dengan baik 65 75 70 70      

      65 75 75 71,66667      

                   

              71,33333    

      65 74 75 71,33333      

      65 74 75 71,33333      

                   

                   

   




     



Mengetahui


Depok, 16 Juli 20




Kepala Sekolah


Guru Pendidikn Agama Islam





























































































































































































































ANALISIS PERHITUNGAN KKM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN  

KELAS I   SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NO   STANDAR KOMPETENSI,KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR KRITERIA PENETAPAN KETENTUAN KKM

KOMLPEK SITAS DAYA DUKUNG INTAKE SISWA IND KD SK MAPEL

Tg=50-60 Tg=81-100 Tg=81-100

Sd=65-80 Sd=65-80 Sd=65-80

Rn=81-100 Rn=50-64 Rn=50-64

5   Aspek : Azan              

    6. Menghafal Al Quran surat-surat pendek pilihan              

    6.1 Menghafal QS Al Kautsar dengan lancar              

    - Melafalkan QS Al Kautsar 60 75 70 68,33333      

    - Menunjukkan hafal surat Al Kautsar 60 75 75 70      

    - Mendemontrasikan hafalan QS Al Kautsar 60 78 75 71      

    6.2 Menghafal QS An Nashr dengan lancar              

    - Melafalkan QS An Nashr               

    - Menunjukkan hafal Surat An Nashr 60 78 75 71      

    - Mendemontrasikan hafalan QS An NAshr 60 78 75 71      

    6.3Menghafal QS Al Ashr dengan lancar              

    - Melafalkan QS Al Ashr              

6   - Menunjukkan hafal Surat Al Ashr              

    - Mendemons-trasikan hafalan QS Al Ashr              

                   

    Aspek : Aqidah               

    7. Mengenal dua kalimat syahadat              

    7.1 melafalkan syahadat tauhid dan syahadat Rasul 62 78 75 71,66667      

    - Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar 62 78 74 71,33333      

    - Menunjukkan lafal syahadat Tauhid dan syahadat Rasul              

    - Menunjukkan hafal dua kalimat syahadat              

    - Menunjukkan hafal arti dua kalimat syahadat 62 78 74 71,33333      

    7.2 Menghafal dua kalimat syahadat 62 78 72 70,66667      

    -   Hafal dua kalimat syahadat dengan lancar 62 78 74 71,33333      

    7.3Mengartikan dua kalimat syahadat              

7   - Hafal arti dua kalimat syahadat dengan tepat              

                   

    Aspek : Akhlak              

    8. Membiasakan perilaku terpuji              

    8.1. Menampilkan perilaku rajin  62 80 72 71,33333      

    - Menunjukkan contoh perilaku rajin  62 80 70 70,66667      

    - Menampilkan perilaku rajin  62 80 72 71,33333      

    8.2. Menampilkan perilaku tolong menolong               

    - Menunjukkan contoh perilaku tolong menolong               

    - Menampilkan perilaku tolong menolong  62 80 70 70,66667      

    8.3. Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua  62 80 74 72      

    - Menunjukkan contoh perilaku hormat terhadap orang tua  62 80 72 71,33333      

    - Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua               

    8.4. Menampilkan adab makan dan minum               

    - Melaksanakan adab makan dan minum  62 80 70 70,66667      

    - Menampilkan adab makan dan minum  62 80 72 71,33333      

    - Melafalkan doa sebelum dan sesudah makan  62 80 72 71,33333      

    8.5. Menampilkan adab belajar               

    - Menjelaskan adab belajar yang baik               

    - Menunjukkan contoh adab belajar  62 75 72 69,66667      

    - Menampilkan adab belajar  62 75 72 69,66667      

    - Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar               

                   

8   Aspek  : Fiqih               

    9. Membiasakan Bersuci (Thaharah)              

    9.1 Menyebutkan tata cara berwudhu              

    - Menjelaskan tata cara berwudhu dengan benar 60 80 75 71,66667      

    - Menunjukkan contoh tata cara berwudhu dengan benar 60 80 75 71,66667      

    - Menunjukkan hafal doa sesudah wudhu              

    9.2 Mempraktekkan tata cara berwudhu              

    - Mempraktekkan tata cara berwudhu dengan benar 60 80 78 72,66667      

      60 80 78 72,66667      

                   

                   

























Mengetahui


Depok, 16 Juli 20




Kepala Sekolah


Guru Pendidikn Agama Islam

































     

Depok, 12 Juli  2011
Guru Pendidikan Agama Islam




    









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar